Home » » Tutorial membut Link Master pada powerpoint

Tutorial membut Link Master pada powerpoint



Membuat media presentasi atau media pembelajaran melalaui power point untuk saat ini sangatlah penting, apa lagi untuk kegunaan proses belajar mengajar yang nantinya akan sangat berpengaruh terhadap minat dan daya serap trehadap materi yang kita presentasikan.

Saat kita presentasi dengan menggunakan powerpoint kita sebagai medi penyampai informasi , selama ini kita belum menyadari sepenuhnya hal ini sangat mengganggu bahkan memperlihatkan kita tidak menguasai teknologi khususnya penggunaan powerpoint atau dalam kata lain kita kurang mahir memnfat kan media tersebut.

Salah satu kendalanya adalah ketika kita ingin kembali ke halaman tertentu tetapi tidak mengetahui lokasi halaman slidenya, yang kemudian kita akan “end show”kemudian mencari halaman tersebut selanjutnya kita “slide show”lagi . masalah ini akan memakan waktu yang banyak dan merupakan hal yang sangat merugikan, karena waktu menjadi terbung sia-sia hanya untuk mencari slide yang kita inginkn tadi.

Meskipun ada solusinya yaitu dengan kilik kanan lalu ‘go to slide’lalu mengeklik slide yang kita inginkan, tetapi lagi-lagi ini tidak efektif.

Maka melalui tulisan ini penulis ingin memaparkan solusi cerdas yaitu dengan menggunakan ‘link master powerpoint”. Link master powerpoint adalah sebuah link yang menghubungkn antar halaman slide yang satu denmgan yang lainnya dalam satu file, dan link-link ini juga terdapat pada setiap slide, singkatnya lin ini akan mempermudah dan mempercepat dalam menampilkan slide yang kita inginkan.

Trik dan tips membuat Master link powerpoint sebagai berikut:

a. Buka powerpoint anda (saya menggunakan versi 2007)









B. Gunakan background yang memisahkan antara tempat daftar isi (link master) dengan tempat teks.

c. Cara cari beckground : klik kanan di halaman power poin lalu pilih format background (muncul kotak dialok)


d. pilih fill klik Picture or texture fill

e. lalu pilih file (yang mengarahkan pada pada penyimpanan background)silahkan open lalu di kotak dialog Format background klik apply to all (untuk background semua tampilan)lalu close.

Maka link master sudak bias kita pakai. Selamat mencoba……………………….bersambung…..

Oleh: arief sugianto*

mahasiswa Tarbiyah FAI UMM

Share this article :
 
Support : Creating Website | giea sugianto | Mas giea
Copyright © 2011. AKSETISME.com - All Rights Reserved
Template Created by gea creative Published by Mas giea
Proudly powered by 503