Home » , , » Buku-Buku Karya Syed Muhammad Naquib al Attas*

Buku-Buku Karya Syed Muhammad Naquib al Attas*


Sebagai seorang yang berfikiran maju, Syed Muhammad Naquib al Attas di tengah kesibukannya tidak melupakan untuk berkarya. al Attas termasuk tokoh yang produktif dalam menulis, orientasi tulisannya  meliputi berbagai disiplin keilmuan, seperti teologi, tasawuf, filsafat, pendidikan Islam, dan sastra. Dalam kurun waktu 1959-1995 saja (sejauh yang mampu peneliti lacak)  al Attas telah menghasilkan tulisan sebanyak 26 buku dan monograf, baik dalam bahasa Inggris maupun bahasa Melayu, dari karya-karya tersebut  banyak diterjemahkan kedalam berbagai bahasa, seperti bahasa Arab, Persia, Turki, Urdu, Malaya, Indonesia, Prancis, Jerman, Rusia, Bosnia, Jepang, India, Korea dan Albania.[1]
Karya al Attas yang pertama adalah buku tentang  rangkaian ruba’iyat, sedang buku keduannya  yang sekarang menjadi karya klasik adalah Some Aspects of Sufism as Understood and Practised Among the Malays yang diterbitkan di Lembaga Penelitia Sosiologi Malaysia pada tahun 1963. Sedemikian berharganya buku Some Aspects of Sufism as Understood and Practised Among the Malays maka pada tahun 1959 pemerintah Kanada melalui Kanada Council Fellewship, memberinya beasiswa selama 3 tahun kepada al Attas, terhitung sejak tahun 1960 di Institut of Islamic Studies, Universitas McGill, Montreal yang didirikan Wilfred Cantwel Smith.
Karya-karya yang lain berjudul The Mysticism of Hamzah Fanshuri, yang diterbitkan oleh University of Malaya Press, Kuala Lumpur pada tahun 1970. The Mysticism of Hamzah Fanshuri merupakan disertasi doktoralnya untuk mendapatkan gelar Ph.D, buku tersebut  terdiri dari dua jilid dan termasuk salah satu karya akademik  yang penting dan komperehensif mengenai Hamzah Fanshuri yang merupakan sufi terbesar dan sangat kontroversial di  tanah Melayu.
Kemudian buku berjudul  A Raniri and the Wujudiyyah of 17th Centure Acheh, yang diterbitkan Monograph of The Royal Asiatic Society cabang Malaysia, di Singapura, pada tahun 1966,  buku A Raniri and the Wujudiyyah of 17th Centure Acheh merupakan buku yang mengupas habis tentang Raniri.  Buku keempat berjudul The Origin of  the Malay Syair, yang diterbitkan oleh DBP di Kuala Lumpur pada tahun 1968. Buku ini berisi kumpulan syair-syair Melayu. Pada  penerbit yang sama al Attas juga menerbitkan buku berjudul  Preliminary Statement on a General Theory of the Islamization of the Malay-Indonesian Archipelago, pada tahun 1986.
Buku ketujuhnya Concluding Postcript to the Origin of the Malay Sya’ir, di terbitkan oleh DBP, Kuala Lumpur pada tahun 1971. Buku yang lain berjudul  The Correct Date of the Terengganu Inscription, diterbitkan oleh Museum Departement, Kuala Lumpur, 1972. Adapun buku yang diterjemahkan kedalam bahasa Rusia dan Prancis berjudul Islam Sejarah dan Kebudayaan Melayu, diterbitkan oleh Universitas Kebangsaan Malaysia, Kuala Lumpur, pada tahun 1972. Buku Islam Sejarah dan Kebudayaan Melayu  juga hadir dalam versi bahasa Indonesia. Buku Risalah untuk Kaum Muslimin, berupa Monograf yang belum diterbitkan, buku ini terdiri dari 186 halaman. Berdasarkan sumber yang terpercaya monograf Risalah untuk Kaum Muslimin ditulis antara Februari sampai Maret pada tahun  1973. Kemudian pada tahun 2001 buku tersebut diterbitkan di Kuala Lumpur oleh ISTAC.
Karya selanjutnya berjudul Comments on the re examination of al Raniris Hujjatun al Shiddiq: a Refutation, diterbitkan oleh Musem Departemen, Kuala Lumpur, pada tahun 1975. Setelah menulis buku berjudul Comments on the Re examination of al Raniris Hujjatun al Shiddiq: a Refutation  setahun kemudian 1976 al Attas kembali menerbitkan buku berjudul Islah the Concept of Religion and the Foundation of Ethics and Morality, dengan penerbit Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM), Kuala Lumpur, 1976.
Dua tahun kemudian diluncurkan juga buku dari al Attas dengan judul Pahan Agama dan Asas Akhlak, dengan penerbit ABIM, Kuala Lumpur. Pada tahun 1977. Buku ini versi Indonesia sedangkan versi Melayunya berjudul Islah the Concept of Religion and the Foundation of Ethics and Morality, seperti yang peneliti kemukakan sebelumnya. Dalam buku Pahan Agama dan Asas Akhlak,  Al-Attas mengatakan bahwa akhlak adalah disiplin tubuh, jiwa dan ruh yang menegaskan pengenalan dan pengakuan terhadap posisi yang tepat mengenai hubungannya dengan potensi jasmani, intelektual dan ruhaniyah. Secara garis besar Isi dari buku ini tentang konsep akhlak bagi seorang muslim.
Kemudian buku tentang pemikiran Islam berjudul  Islam and Secularism, di terbitkan oleh ABIM, Kuala Lumpur, pada tahun 1978. Buku Islam and Secularism telah diterjemahkan ke dalam bahasa Malaya, India, Persia, Urdu, Indonesia, Turki, Arab, dan Rusia. Isi dari buku Islam and Secularism tersebut membicarakan tentang persoalan Islam dan Barat,  menurut al Attas pengetahuan barat telah membawa kebingungan dan skeptisisme. Barat telah mengangkat peraguan dan pendugaan ke derajat ilmiah dalam hal metodologi. Peradaban barat juga memandang keragu-raguan sebagai suatu sarana epistimologis yang cukup baik dan istimewa untuk mengejar kebenaran. Pengetahuan barat juga telah membawa kekacauan pada tiga kerajaan alam yaitu hewan, nabati dan mineral, itu potongan sekilas dari buku Islam and Secularism.
Kemudian buku tentang pendidikan berjudul Aims and the objectives of Islamic Education: Islamic Education Series, di terbitkan oleh King Abdul Aziz University, London, pada tahun 1979. Buku tersebut diterjemahkan kedalam bahasa Turki, isinya membicarakan bangunan dasar tentang pendidikan Islam, buku Aims and the Objectives of Islamic Education: Islamic Education Series juga tercantum dalam bab empat dalam buku  Islam and Secularism. Buku tentang pendidikan lainnya berjudul  The Consept of Education in Islam, diterbitkan oleh ABIM, Kuala Lumpur, pada tahun  1980. Buku tersebut diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, Persia, dan Arab. Isi dari buku tersebut membicarakan tentang konsep pendidikan Islam meliputi bagaimana pendidikan Itu dirumuskan, pengertian pendidikan, tujuan pendidikan, hakaikat pendidikan, kurikulum dan lain sebagainnya. Buku Aims and the objectives of Islamic Education: Islamic Education Series dan The Consept of Education in Islam dalam penelitian ini oleh peneliti dijadikan sebagai salah satu sumber primer.
Selain buku-buku yang telah dijelaskan di atas masih ada  sepuluh buku lagi yang dihasilkan oleh al Attas, diantarannya: Islam, Secularism, and the Philosophy of the Future, Mansell, diterbitkan di London, dan New York, pada tahun 1985, Commentary On the Hujjat al Shiddiq of Nur al Din al Raniri, diterbitkan atas prakarsa kementerian kebudayaan, Kuala Lumpur, pada tahun 1986,  The Oldest Known Malay Manuscript a 16th Century Malay kemudian di alih bahasakan berjudul  The A’qoid of al Nafasi, oleh Dept. Penerbitan University Malaya, Kuala Lumpur, pada tahun 1990, Islam and The Philosophy of Science, diterbitkan oleh ISTAC, Kuala Lumpur, pada tahun 1989 dan diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, Bosnia, persia dan Turki,  The Nature of Man and the Psychology of the Human Soul, ISTAC, Kuala Lumpur, 1990,  the Intuition of Existence, ISTAC, Kuala Lumpur, 1990,  on Quiddityand Essence, ISTAC, Kuala Lumpur, 1990, The Meaning and Experience of happiness in Islam, ISTAC, Kuala Lumpur, 1993,  The Degrees of Existence, ISTAC, Kuala Lumpur, 1994. Dan buku terakhir yang dihasilkannya berjudul  Prolegomena to the Metaphysicsof Islam: an Exposition of the Fundamental Elements of the Word View of Islam, dengan penerbit ISTAC, Kuala Lumpur, pada tahun 1995.

*potongan karya ilmiah olah arif sugianto

[1]Ibid.,hal.55-56.
Share this article :
 
Support : Creating Website | giea sugianto | Mas giea
Copyright © 2011. AKSETISME.com - All Rights Reserved
Template Created by gea creative Published by Mas giea
Proudly powered by 503