Home » , , , » FILSAFAT AGAMA; MENGOREK EKSISTENSI TUHA

FILSAFAT AGAMA; MENGOREK EKSISTENSI TUHA

sesungguhnya ilmu ketuhanan atau yang  oleh para pemikir islam disebut sebagi ilmu tauhid atau ilmu kalam, urgensitasnya terletak dalam mengkaji akidah dari suatu agama tertentu  dan upaya untuk mendukungnya dengan berbagai argument kuat dan logika. Adapun filsafat agama melangkah lebih jauh lagidari pada ilmu-ilmu ketuhanan, karena ia mengkaji ulang  beberapa terminology universal yang biasa digunakan dalam ilmu pengetahuan dan mempelajarinya  secara keritis, seperti hakekat Allah, wahyu, maksiat, ibadah dan lain sebagainnya.
Filsafat agama menurut pakar filasat kunotermasuk kategori ilmu metafisik. Kemudian ia terlepas darinya dan berdiri sendiri. Menurut sebagian pengikutnya, filsafat agama ini sebagai gerakan dalam memerangi agama. Sementara yang lain melihat sebagi upaya untuk mendukung keyakinan agama dan memperkuat ajarannya. Ada banyak aliran dalam filsafat agama diantarannya adalahaliran ketuhanan (Madzhab at-ta’lih) dengan segala cabangnya seperti doktrin tauhid (Monoteisme); syirik;kesatuan wujud (wahdatul al wujud) dan aliran naturalism dalam ketuhanan (madzab at thabiah al ilahiyah); dan paham anti tuhan (ateisme) dan lain sebagainnya.
Filsafat agama dalam mengkaji islam lebih  mengarah pada pada upaya maksimal mencari jalan menuju tuhan dan berusaha meyakini  secara nalar sertalogika dengan jalan apa pun.
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

December 25, 2013 at 5:07 AM

Keren sob

www.kiostiket.com

January 17, 2014 at 11:26 AM

terimakasih mas Imam Ciprut..tulisan itu belum rampung baru konsep awal....

Post a Comment
 
Support : Creating Website | giea sugianto | Mas giea
Copyright © 2011. AKSETISME.com - All Rights Reserved
Template Created by gea creative Published by Mas giea
Proudly powered by 503