Home » » koknitif Tool Dilarang

koknitif Tool Dilarang


Dalam evaluasi pada pembelajaran disekolah dijumpai bahwa peserta tes dilarang menggunakan alat Bantu yang namanya perangkat koknitif bisa berbentuk kamus, kakulator, hp dan masih banyak lagi. Kemudian timbul pertanyaan mengapa dalam ujian kita tidak boleh menggunakan alat itu semua ?
Dalam tes sebenarnya menggunakan alat sah-sah saja akan tetapi, evaluasi itu diarahkan kemana, apakan evaluasa bertujuan untuk mengetahui kemampuan koknitifnya, psikomotrnya atau afektinya. Jelas evaluasi untuk mengetahui kemampuan koknitif tidak bisa menggunakan alat bantu. Hal ini kalau kita kembalikan kepada pengertian evaluasi maka akan didapat suatu arti yaitu melakuan pengukuran dan penilaian terhadap subjek tes yaitu siswa.
Tes itu sendiri berimplikasi luas terutam bagi siswa dan guru itu sendiri. Bagi siswa bila hasil tes memuaskan dan menyenangkan hal ini, akan menjadi motivasi untuk meningkatkan kemampuan atau prestasinya, dan hasilnya tidak memuaskan, maka siswa akan belajar lebih giat lagi, maka timbul pertanyaan kalau perangkat koknitif digunakan dalam ujian apakan bisa menilai kalau diri siswa mampu atau tidak mampu terhadap materi pelajaran itu?
Makna bagi guru, dari hasil penilaian yang diperoleh guru akan dapat diketahui siswa-siswa mana yang sudah berhak melanjutkan pelajarannya karena sudah berhasil menguasai bahan, guru akanmengetahui apakah materi yang diajarkan sudah tepat bagi siswa sehingga untuk memberikan pengajaran diwaktu yang akan datang tidak perlu diadakan perubahan. Guru akan mengetahui apakah metode yang digunakan sudah tepat atau belum . kemudian timbul pertanyaan lagi seumpama tes itu menggunakan bantuan giamanakan guru bisa mengetahui kemampuan siswa…… so perangkat koknitif tidak bisa digunakan untuk ujian……………..
Share this article :
 
Support : Creating Website | giea sugianto | Mas giea
Copyright © 2011. AKSETISME.com - All Rights Reserved
Template Created by gea creative Published by Mas giea
Proudly powered by 503